Tentang Transaksi Pembelian dan Retur Pembelian

You are here:
< All Topics

Kelola Pembelian

Digunakan untuk melakukan transaksi pembelian produk. Fitur ini memudahkan kamu melakukan penambahan stok produk melalui pembelian dari supplier.

Bagaimana cara melakukan pembelian produk dari supplier ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Klik Tambah Pembelian
  5. Tentukan tanggal pembelian
  6. Pilih status pembelian produk
  7. Pilih supplier
  8. Pilih lokasi outlet
  9. Klik Pilih Produk
  10. Pilih produk yang ingin di beli
  11. Ketik jumlah produk yang ingin di beli
  12. Ketik modal satuan (bila terjadi perubahan harga dari supplier)
  13. Ketik harga jual produk
  14. Pilih jenis diskon supplier (bila ada)
  15. Ketik jumlah diskon
  16. Pilih metode pembayaran
  17. Pilih akun pembayaran (pastikan saldo akun keuangan mencukupi)
  18. Ketik catatan pembayaran (bila ada)
  19. Klik Tambah Pembelian

Catatan :

  • Status pembelian ada 3 yaitu diterima, pending, dan dipesan. Ketika status pembelian Diterima maka produk yang dibeli akan langsung masuk ke inventory. Ketika status pembelian Pending dan Dipesan maka kamu harus merubah status pembelian menjadi diterima saat produk sudah datang, agar stok produk bertambah.
  • Akun yang digunakan untuk melakukan pembayaran harus mencukupi sesuai dengan harga yang akan dibayar di nota pembelian, jika tidak mencukupi maka kamu harus melakukan deposit saldo di menu keuangan.

Bagaimana cara melakukan pembelian produk dengan tempo ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Klik Tambah Pembelian
  5. Tentukan tanggal pembelian
  6. Pilih status pembelian produk
  7. Pilih supplier
  8. Pilih lokasi outlet
  9. Klik Pilih Produk
  10. Pilih produk yang ingin di beli
  11. Ketik jumlah produk yang ingin di beli
  12. Ketik modal satuan (bila terjadi perubahan harga dari supplier)
  13. Ketik harga jual produk
  14. Pilih jenis diskon supplier (bila ada)
  15. Ketik jumlah diskon
  16. Pilih jenis pembayaran tempo
  17. Ketik jumlah pembayaran
  18. Pilih metode pembayaran
  19. Pilih akun pembayaran (pastikan saldo akun keuangan mencukupi)
  20. Ketik termin pembayaran
  21. Pilih jangka waktu pembayaran
  22. Ketik catatan pembayaran (bila ada)
  23. Klik Tambah Pembelian

Catatan :

  • Notifikasi pembayaran tempo akan muncul H-1 sesuai tenggang waktu yang di ketik di termin pembayaran
  • Akun yang digunakan untuk melakukan pembayaran harus mencukupi sesuai dengan harga yang akan dibayar di nota pembelian, jika tidak mencukupi maka kamu harus melakukan deposit saldo di menu keuangan.

Bagaimana cara update status pembelian ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Pilih pembelian yang ingin di update statusnya
  5. Klik Icon di kolom tindakan
  6. Klik Update Status
  7. Pilih status pembelian
  8. Klik Perbaharui

Bagaimana jika saya ingin membayar hutang pembelian ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Pilih pembelian yang memiliki status pembayaran tempo
  5. Klik Icon di kolom tindakan
  6. Klik Tambahkan Pembayaran
  7. Ketik jumlah pembayaran
  8. Pilih metode pembayaran
  9. Pilih akun pembayaran (pastikan saldo akun keuangan mencukupi)
  10. Ketik catatan pembayaran (bila ada)
  11. Klik Simpan

Catatan :

  • Akun yang digunakan untuk melakukan pembayaran harus mencukupi sesuai dengan harga yang akan dibayar di nota pembelian, jika tidak mencukupi maka kamu harus melakukan deposit saldo di menu keuangan.

Bagaimana cara mengedit pembelian produk ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Pilih pembelian yang ingin di edit
  5. Klik icon di kolom tindakan
  6. Klik Edit
  7. Edit data pembelian
  8. Klik perbarui

Catatan : Hanya pembelian dengan metode tempo yang belum dilakukan pembayaran yang dapat di edit.

Bagaimana cara menghapus pembelian produk ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Pilih pembelian yang ingin di hapus
  5. Klik icon di kolom tindakan
  6. Klik Hapus
  7. Klik Ya, Hapus

Catatan : Hanya pembelian dengan metode tempo yang belum dilakukan pembayaran yang dapat dihapus.

Retur Pembelian

Digunakan untuk melakukan pengembalian produk ke supplier. Fitur ini memudahkan kamu apabila terjadi kerusakan barang dan ingin dikembalikan ke supplier.

Bagaimana jika pelanggan saya melakukan pengembalian barang ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Kelola Pembelian
  4. Pilih pembelian yang ingin di retur
  5. Klik icon di kolom tindakan
  6. Klik Retur Pembelian
  7. Ketik jumlah barang yang diretur
  8. Klik Simpan

Catatan : 

  • Hanya pembelian dengan pembayaran lunas yang dapat di retur.
  • Ketika melakukan retur pembelian, maka total retur pembelian tersebut tidak langsung terbayar dan akan menjadi piutang supplier yang dapat dilihat dari menu Data Master > Supplier > Kelola Supplier.

Bagaimana cara menghapus retur pembelian ?

  1. Klik menu Transaksi
  2. Klik Pembelian
  3. Klik Retur Pembelian
  4. Pilih retur pembelian yang ingin di hapus
  5. Klik icon
  6. Klik Ya, Hapus
Table of Contents