Tentang Manajemen Keuangan

You are here:
< All Topics

Apa fungsi manajemen keuangan ?

Digunakan untuk mengelola keuangan yang ada di outlet kamu, sehingga kamu bisa mengetahui kondisi keuangan outlet kamu secara keseluruhan

Apa fungsi neraca keuangan ?

Digunakan sebagai laporan untuk menganalisis aktiva, modal dan pasiva dalam satu periode waktu tertentu. Jadi dari laporan neraca, kamu dapat mengetahui bagaimana perkembangan outlet dilihat dari kondisi keuangannya.

Apa aktiva dan pasiva ?

Aktiva adalah segala kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimaksud dengan kekayaan ini adalah sumber daya yang dapat berupa benda atau hak yang dikuasai dan yang sebelumnya diperoleh perusahaan melalui transaksi atau kegiatan masa lalu. Untuk dapat diakui sebagai aktiva, kekayaan atau sumber daya tersebut harus bisa diukur menggunakan satuan mata uang, bisa Rupiah, Dollar, atau mata uang lainnya tergantung dengan situasi dan kondisi yang menyertai.

Pasiva adalah kewajiban ekonomi yang harus dilakukan oleh perusahaan pada masa yang akan datang. Kewajiban ini biasanya terdiri dari utang lancar dan hutang jangka panjang.

Neraca keuangan saya memiliki selisih, apa penyebabnya  ?

a. Saldo awal sudah tidak seimbang

Saldo awal menjadi hal penting penyebab seimbang atau tidaknya neraca. Jika dari awal saldo sudah salah, maka bisa dipastikan neraca saldo tidak bisa seimbang. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan jumlah saldo awal. Cara mengeceknya yaitu dengan menjumlahkan seluruh aset (aktiva) yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan semua jumlah kewajiban (pasiva).

 b. Salah mengklasifikasikan akun

Kesalahan yang terakhir adalah salah dalam mengklasifikasikan akun. Contohnya kamu memasukkan kas di bagian Pasiva, padahal harusnya kas adalah masuk ke dalam klasifikasi Aktiva.

c. Terjadi penambahan pada stok awal

Untuk penambahan stok awal harus diikuti dengan penyesuaian pada modal usaha atau pada hutang dagang awal.

d. Menghapus pembayaran dari transaksi tunai yang sudah dilakukan.

Transaksi tunai yang dihapus dapat menyebabkan selisih pada neraca, sehingga pemilik usaha atau manajemen harus menetapkan kebijakan khusus pada perlakuan transaksi yang sudah dilakukan secara tunai .

Bagaimana cara saya deposit saldo ?

  1. Tap icon Menu di pojok kiri atas.
  2. Tap Dashboard.
  3. Tap Keuangan.
  4. Tap Akun Keuangan tujuan kamu.
  5. Tap Deposit Saldo.
  6. Masukkan jumlah deposit kamu dan catatan deposit (bila ada).
  7. Tap Simpan.

Bagaimana cara memindahkan saldo dari satu akun ke akun yang lain ?

  1. Tap icon Menu di pojok kiri atas.
  2. Tap Dashboard.
  3. Tap Keuangan.
  4. Tap akun keuangan yang ingin kamu transfer saldonya.
  5. Tap Transfer Saldo.
  6. Pilih Tujuan Transfer.
  7. Masukkan nominal transfer dan catatan transfer (bila ada).
  8. Tap Simpan.

Apa fungsi jurnal penyesuaian ?

  1. Perumusan untuk di akhir periode pada akun buku besar. Sehingga, saldo yang tertera tidak berbeda dengan saldo yang seharusnya.
  2. Untuk menghitung beban maupun pendapatan yang dihasilkan selama periode akhir tersebut.

Bagaimana cara melakukan penyesuaian saldo akun saya?

  1. Tap icon menu di pojok kiri atas.
  2. Tap Dashboard.
  3. Tap Akun Keuangan.
  4. Tap akun keuangan yang ingin di sesuaikan.
  5. Tap Jurnal Penyesuaian.
  6. Pilih akun asal penyesuaian.
  7. Masukkan jumlah penyesuaian dan catatan tambahan (bila ada).

Tap Simpan.

Table of Contents